Telp : (0747)7331058

Kurikulum



PEMBELAJARAN YANG MENARIK DI SMP XAVEMO

Dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai di setiap kelas membuat kegiatan belajar mengajar di SMP Xaverius Muara Bungo lebih menyenangkan. Pembelajaran yang berpusat pada siswa yang sesuai dengan tuntutan K13, selalu berusaha kami terapkan di pembelajaran di dalam kelas.

Siswa secara aktif berdiskusi, menemukan informasi-informasi penting dari kegiatan yang difasilitasi oleh guru, dan membangun sendiri pengetahuan yang baru dengan bekal pengetahuan lama yang mereka miliki. Guru secara aktif menyiapkan kegiatan pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri.

Selain itu, pemanfaatan sarana dan prasarana di kelas yang sangat lengkap juga dimanfaatkan secara maksimal oleh guru-guru di SMP Xaverius Muara Bungo. Dengan adanya sound system, projector, mic, kabel LAN/wifi di masing-masing kelas, guru dapat dengan mudah menyajikan berbagai pembelajaran yang menarik di dalam kelas.

Ekskul-eksul yang menarik juga difasilitasi dengan alat-alat yang memadai dan guru-guru yang juga berkompeten di bidangnya, misalnya drumband, band, merajut, ekskul olah raga, tata boga,

Saat-saat pandemic covid-19 juga melanda Negara Indonesia, dunia pendidikan memasuki tahap pembelajaran baru. Pembelajaran yang menuntut guru-guru di Indonesia untuk tetap memberikan pembelajaran yang maksimal walau dengan jarak jauh. Di SMP Xaverius guru-guru diberi pelatihan untuk menggunakan aplikasi-aplikasi teleconference agar pembelajaran tetap bisa diberikan secara langsung dengan menatap siswa walau dari layar laptop/HP, misalnya aplikasi seperti Zoom, googlemeet, Microsoft Teams.

Sedangkan untuk mengorgansir siswa-siswinya dalam penugasan menggunakan classroom. Guru-guru SMP Xaverius juga di ajak aktif untuk membuat konten yang terkait bidang study melalui chanel youtube SMP Xaverius Muara Bungo.

Memasuki masa new normal, dunia pendidikan memasuki babak yang baru lagi. Guru di tuntut untuk terus mendampingi siswa-siswinya di kelas (PTM) dan juga tetap memfasilitasi pembelajaran secara jarak jauh (yang memilih PJJ). Semuanya dilayani dengan maksimal, baik yang memilih PJJ atau PTM.

SMP Xaverius menerapkan disiplin protocol kesehatan yang ketat. Dengan membagi kelas menjadi 2 shift sehingga jumlah siswa per kelas tidak lebih dari 15 siswa. Shift kelas A (Senin, Rabu, Jumat) dan Shift kelas B (Selasa, Kamis, Sabtu). Setiap siswa yang PTM disambut oleh guru piket di gerbang sekolah untuk diukur suhunya, meminta murid untuk mencuci tanganya dan dipastikan memakai masker dengan benar. Guru-guru mendampingi siswa-siswinya saat di sekolah untuk memastikan mereka terus menjaga jarak satu sama lain.

Anak-anak yang sakit, disarankan untuk mengikuti PJJ. Yang baru berpergian dari luar kota juga diminta untuk tes antigen atau isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. Untuk memastikan sekolah benar-benar aman dari kemungkinan infeksi covid-19.

Pada bulan Agustus, program Puskesmas untuk meng-vaksin anak-anak sekolah disambut baik oleh pihak SMP Xaverius. Anak-anak SMP Xaverius yang usianya diatas 12 tahun menerima vaksinasi covid-19. Sekarang sudah lebih dari 93% siswa-siswi kami telah divaksin ke 1 dan vaksin ke-2. Sisanya belum divaksin karena alasan kesehatan yang tidak mendukung. Sedangkan guru-guru dan tenaga pendidiknya telah 100% menjalani vaksin 1 dan 2.

Memasuki masa new normal beberapa kegiatan sudah mulai dilaksanakan, salah satunya kegiatan Pramuka. Setiap hari jumat dan Sabtu diadakan kegiatan Pramuka di SMP Xaverius Muara Bungo dengan tetap menerapkan protocol kesehatan yang ketat, siswa-siswi diajak mengikuti kegiatan Pramuka dengan suasana yang menyenangkan.