Telp : (0747)7331058

Ruang Kelas



Ruang kelas adalah suatu ruangan dalam bangunan sekolah, yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

Ruang pembelajaran harus memunculkan rasa nyaman dan betah, dengan pencahayaan alami lebih diutamakan. Ruang pembelajaran sebagai tempat interaksi antara guru dan peserta didik dirancang sedemikian rupa sehingga tidak sekedar memenuhi fungsi, namun mampu memberikan perlindungan, kenyamanan, keamanan dan rasa senang bagi penghuninya.

Ruang pembelajaran disesuaikan situasinya dengan jenis atau bidang studinya dan dapat diubah dan diatur ulang setiap saat secara mudah dan cepat sesuai kebutuhan, terutama pergantian susunan meja kursi.

Teknologi telah mempengaruhi dalam setiap aspek tidak terkecuali dalam perkembangan fasilitas ruang kelas. Setiap siswa memiliki minat yang berbeda-beda dalam belajar, sehingga tanggung jawab sistem pendidikan disini untuk mengolah peluang-peluang siswa untuk mengembangkan minatnya dalam belajar. Teknologi Informasi dan Komunikasi telah berubah menuju pengembangan kurikulum dan sistem penyampaian dari guru kepada siswa. Metode pembelajaran menggunakan materi instruksional, modul dan video animasi, dan sekolah xaverius menggunakan konsep ini.

Guru menggunakan komputer, internet dan perangkat multimedia dalam mengajar telah menjadi hal biasa dalam pembelajaran di masa yang akan datang. Dengan menggunakan multimedia dalam pembelajaran, guru dapat mengajar dengan sangat mudah. Integrasi perangkat komputer, internet dan multimedia di dalam kelas sangat dibutuhkan untuk mewujudkan sistem pembelajaran di era Revolusi Indusrti saat ini.

Sarana pembelajaran dalam ruangan kelas terdiri dari meja siswa, kursi siswa, meja guru, kursi guru, lemari kelas, papan tulis, proyektor, cctv, pojok baca, loker/rak buku siswa, sound system, mading, kipas angin serta aksesoris ruangan lainnya yang sesuai. Ukuran ruang kelas pada adalah 7m x 8m.

       a. Kelengkapan dan perlengkapan kelas

Guru tidak selalu berada di depan ruangan dan memungkinkan guru untuk bergerak di seluruh kelas, berinteraksi dengan kelompok-kelompok kecil peserta didik yang berkumpul di sekitar meja kerja bersama.

Ruang kelas lebih mendukung pembelajaran yang dilengkapi dengan perabotan yang bersifat fleksibel yaitu: meja belajar yang mengakomodasi dua siswa (pada saat pandemi berlangsung 1 meja 1 siswa) yang bekerja berdampingan ketika kondisi bebas dan dapat digabungkan dengan meja lainnya untuk membentuk ruang kerja kelompok kecil, meja konferensi besar, dan kelas diskusi berbentuk melingkar, kursi dan penyimpanan untuk tas, meja guru dengan koneksi laptop ke proyektor.

       

  Papan tulis dan aksesoris lainnya                     Proyektor dan kipas angin

 

        

Sound sytem dan aksesoris lainnya                        Pojok baca di kelas

 

            

CCTV                                        Lemari, loker/rak buku, dan mading

        b. Pencahayaan ruang kelas

Cahaya alami yang baik membantu menciptakan rasa nyaman baik fisik maupun mental. Meskipun penerangan alami harus selalu menjadi sumber utama penerangan di sekolah, namun sekolah dilengkapi dengan cahaya listrik saat cahaya matahari berkurang intensitasnya. Tirai digunakan secara efektif untuk mengatur tingkat pencahayaan dan merupakan sarana yang terbaik.

 

         c. Suhu dan kelembaban kelas

 Suhu/ Temperatur adalah suatu besaran yang menunjukan derajat panas dinginnya suatu benda. Setiap ruang         kelas memiliki kipas angin.

Gambar suasana dalam kelas saat KBM

 

       Gambar suasana dalam kelas